Mengapa Perusahaan Perlu Logo?

| Senin, 01 Juli 2013
Jasa Pembuatan Logo dan Website Perusahaan
Jika mata kita bisa berbicara mungkin akan mengeluh kelelahan karena setiap hari selalu dijejali logo. Pernahkan anda menghitung berapa banyak logo yang nyelonong ke mata kita setiap hari? Atau mungkin anda tidak pernah menyadari bahwa puluhan logo berhasil menerobos ke mata kita setiap hari. Mulai dari bangun pagi, saat pegang handphone atau melihat jam dinding, mata kita sudah bertatapan dengan logo

Menuju ke kamar mandi kita melihat kloset, wastafel, kran, shower, sikat gigi, odol, sabun mandi, shampo, dan segala perlengkapan semuanya ditandai dengan merek, produk. Demikian pula yang menempel pada tubuh kita, mulai dari celana, baju, dasi, sabuk, sepatu, kaos kaki, dompet, jam tangan, kacamata, tas, hingga kunci kendaraan, suma barang tersebut tidak ada yang tanpa brand. bagaimana jika dilanjutkan kesepanjang jalan yang kita lewati? Berapa banyak logo yang tanpa sengaja kita lihat di billboard, baliho, poster, spanduk, banner, papan nama, kendaraan, payung, jaket, helm, stiker, dan lain-lainnya? Sesampainya di kantor mata kita masih dijejali logo, di ruang kerja, di ruang meeting, di kantin, di toilet, dan di manapun. Sampai kembali ke tmpat tidur lagi pada malam hari. Benda-benda yang kita jumpai seperti kasur, bantal, piyama, selimut, sandal, dan sembarang produk diruang tidur, semuanya berlogo.

Seberapa pentingkah makna logo bagi perusahaan? Apakah konsumen juga memerlukan logo? Di atas telah disinggung bahwa logo sangat dibutuhkan perusahaan atau organisasi guna mengenalkan identitas dan menyebarkan citra. Di lain pihak, dengan adanya logo maka konsumen terbantu mengenali produk yang dicari. Saat ini di pasaran dunia telah beredar ratusan juta perusahaan dari berbagai produk dan jasa. Di amerika tercatat setiap tahunnya lebih dari seratus ribu perusahaan baru mendaftarkan diri. Tanpa adanya pemberian label pada kemasan misalnya, orang-orang pasti akan kerepotan menemukan barang yang dicari di supermarket.

Seperti halnya pada kendaraan, bagaimana orang yang bisa mengenali mobil Honda, Hyundai, BMW atau VW apabila tidak ada logonya? Ketika anda masuk ke toko olah raga untuk mencari sepatu, anda dapat dengan cepat mengenali logo Nike, Adidas, atau Reebok karena mudah untuk diingat. Mungkin tidak hanya logo yang anda kenal, tetapi juga kualitas produk, image, spirit, dan estimasi harga. Mungkin pula anda mengenal para bintang lapangan yang memakai produk tersebut karena perusahaan berusaha mengibarkan logo di mana-mana, di jaket, t-shirt, topi, dan di semua media.

Di era global market yang sangat kompetitid saat ini, logo bukan lagi sekadar tanda atau merek dagang, melainkan seudah menjadi senjata bisnis. Bahkan logo kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap organisasi yang ungun dikenal publik, termasuk organisasi politik. Nama-nama partai politik di Indonesia yang begitu banyak tentu akan sulit dikenali masyarakat jika tidak memiliki logo. Seperti dalam pemilihan calon presiden amerika 2008, senator Barack Obama begitu pedulinya pada desain logo kampanye. Melalui orang kepercayaannya, Obama memesan logo khusus pada studio iklan terkemuka MODE (Motion Design) di Chicago sejak akhir 2006, dua tahun sebelum masa kampanye 2008. Sol Sender, desainer yang dipercaya mengerjakan logo Obama, membuat sedikitnya Sembilan alternative untuk dipilih langsung oleh Obama. Berikut adalah tiga dari Sembilan alternative desain logo “Obama 08” yang akhirnya dipilih satu desain untuk disempurnakan.

Logo dapat disamakan dengan watak perusahaan atau organisasi.  Logo yang baik dapat mengidentifikasi perusahaan, produk, jasa, organisasi, event, dan lain-lain. Logo memang paling banyak tampil dan di lihat orang. Untuk penyebarluasan brandname, logo sering disebarluaskan lewat kartu nama, kop surat, amplop, map, tas, stiker, jaket, topi, payung, website, billboard, umbul-umbul, mobil kantor, dan hampir semua permukaan yang dapat dijadikan media iklan.



Untuk melakukan pemesanan desain logowebsite dan layout di RDPL, Anda dapat menghubungi : 0821 2087 2626 atau melalui email : marketing@roamsystem.com.

Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.




Salam,




RDPL
 

Copyright © 2010 RoamSystem : Jasa Pembuatan Logo & Website | Design by Dzignine