Tips Menentukan Tagline

| Selasa, 04 Oktober 2011

Jasa Pembuatan Logo dan Website Perusahaan
Tagline adalah salah satu atribut dalam sistem identitas, berupa satu kata atau lebih yang menggambarkan esensi,personality maupun positioning dari brand Anda. Namun,usia pemakaian sebuah tagline pada suatu brand tidak selamanya. Seringkali tagline diganti menyesuaikan perkembangan pasar dan gaya hidup target audience-nya.Sebagai contoh adalah produksabun cuci Rinso yang pada awalnya menggunakan tagline "Mencuci sendiri" lalu menjadi "Membersihkan paling bersih" dan seterusnya, hingga kini sampai ada tagline yang cukup kontroversial, yaitu "Berani kotor itu baik".
Serupa dengan atribut identitas yang lain, menciptakan tagline bukanlah perkara yang mudah. Walaupun kelihatan simpel, tetapi tagline harus efektif karena turut berfungsi membentuk brand image di benak publik dan bukan hanya sebagai tambahan / pemanis atau latah, seperti : "Kami memang beda", "Kami peduli" atau "Nomor satu di dunia".
Nah, untuk membuat dan menentukan tagline yang terbaik kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :
1. Bahasa yang digunakan apakah bahasa Indonesia atau bahasa asing ? Apakah perlu dibedakan di daerah / negara tertentu ?
2. Unik, orisinil dan tidak generik (tidak terkesan ikut-ikutan). Jelas perbedaannya dengan tagline milik brand lain atau pesaing.
3. Mencerminkan esensi dari brand, personality dan positioningnya.
4. Singkat, mudah ditulis dan diucapkan.
5. Tidak mirip kata lain baik bila ditulis maupun diucapkan, sehingga tidak menimbulkan salah penegrtian.
6. Tidak mengandung konotasi negatif, baik bila ditulis maupun diucapkan.

Jasa Pembuatan Logo dan Website Perusahaan
Sejak perang sipil di Amerika pada tahun 1861 - 1865 - tagline yang waktu itu disebut dengan istilah slogan - menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam periklanan. Mendekati abad ke - 20, kata-kata pada tagline semakin lama semakin singkat namun sarat makna. 
Berikut ini adalah beberapa jeni tagline berdasarkan sifat dan maknanya :
1. Descriptive
Menerangkan produknya / servisnya / janji brand. Seperti : HIT Anti nyamuk generasi baru; HSBC Bank dunia bertradisi Anda; DJARUM SUPER topnya kretek filter; dan HEMAVITON ENERGY Energy drink bervitamin.
2. Spesific
Memposisikan dirinya sebagai yang terunggul di bidangnya. Contohnya : FROZZ Permen dingin menyegarkan; SOSRO Ahlinya teh; GRAMEDIA Penerbit buku utama; dan Permen wangi ya RELAXA.
3. Superlative
Memposisikan dirinya sebagai yang paling unggul. Contohnya : BAYGON Jaminan mutu; KIJANG Memang tiada duanya; YAMAHA semakin di depan; dan KAPAL API Jelas lebih enak.
4. Imperative
Menyuruh / menggambarkan suatu aksi, biasanya diawali dengan kata kerja. Contohnya : Santai, ada SANKEN; Untung pakai ESIA; PEGADAIAN menyelesaikan masalah tanpa masalah; LA LIGHT enjoy aja!
5. Provocative
Mengajak / menantang / memancing logika atau emosi, seringkali berupa kalimat tanya. Contohnya : Oli Anda TOP ONE juga kan?; X-MILD Ekspresikan aksimu; Orang pintar minum TOLAK ANGIN; dan TING-TING GARUDA Satu, mana cukup?

Eric Swartz, seorang penulis dan ahli brand tagline mendefinisikan tagline sebagai : susunan kata yang diringkas (biasanya tidak lebih dari 7 kata, diletakan mendampingi logo dan mengandung pesan brand yang kuat ditujukan kepada audience tertentu. Berikut ini urutan beberapa contoh tagline berdasarkan jumlah kata yang digunakan.
Jasa Pembuatan Logo dan Website Perusahaan
- 1 kata : "Seleraku" (Indomie)
- 2 kata : "Putih cemerlang" (Surf)
- 3 kata : "Emang bikin bangga" (Sejati - Bentoel)
- 4 kata : "Kebanggaan bersama milik bangsa" (RCTI)
- 5 kata : "Energi untuk menang tiap hari" (Milo)
- 6 kata : "Buat yang tersayang jangan coba-coba" (Minyak kayu putih Cap Lang)
- 7 kata : "Untuk kulit terasa kencang dan tampak muda" (Citra White)
Nah, berapapun kata yang Anda pakai dalam menentukan tagline hendaknya sesuai dengan kriteria-kriteria tagline yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu yang menggambarkan esensi, personality maupun positioning dari brand Anda.



Untuk melakukan pemesanan desain logowebsite dan layout di RDPL, Anda dapat menghubungi : 0821 2087 2626 atau melalui email : marketing@roamsystem.com.

Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.




Salam,




RDPL
 

Copyright © 2010 RoamSystem : Jasa Pembuatan Logo & Website | Design by Dzignine