Alur Mendesain Logo

| Jumat, 07 Juni 2013
Jasa Pembuatan Logo dan Website Perusahaan
Setiap desainer memiliki cara sendiri-sendiri dalam mendesain logo, tergantung pada kebiasaan dan jam terbang. Namun secara umum, proses pengerjaan desain logo corporate dilakukkan melalui tahap berikut:
  1. Mempelajari design brief, yaitu deskripsi singkat tentang klien, perusahaan, produk atau jasa, deadling, ketentuan-ketentuan, kemauan klien, dan sebagainya. Jika belum ada design brief, anda dapat menyusunnya sendiri dengan mewawancarai klien. Hasil wawancara ditulis sebagai pedoman kerja.
  2. Mengadakan riset dan brainstorming. Sebelum mendesain logo, anda perlu memahami dengan baik jenis produk atau profil perusahaan, bisa dengan mewawancarai klien tentang jenis usaha/organisasi, keunggulan yang dimiliki, target audiens, competitor, dan seterusnya. Dilanjutkan dengan membuat sketsa-sketsa kasar (rough layout).
  3. Membuat beberapa alternatif desain. Dari sketsa-sketsa kasar dipilih beberapa alternatif untuk dikembangkan dan disempurnakan. Pada tahap ini bisa dilakukan di atas kertas atau langsung menggunakan komputer.
  4. Presentasi, dengan menunjukan alternatif desain pada klien. Sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan alternative agar klien tidak bingung memilih, cukup 3 atau 4 alternatif desain yang terbaik. Sebagai contoh, yang pertama hanya menggunakan huruf, yang kedua berupa gambar/simbol, yang ketiga gabungan huruf dan gambar.
  5. Revisi dan penyempurnaan desain, (finishing touches), sesuai permintaan klien. Pekerjaan ini bisa lebih dari satu kali, sampe klien menyetujui dengan menandatangani approval statement. Jangan pernah patah semangat jika klien memberikan koreksi atau usulan-usulan yang mungkin kurang cocok dengan konsep anda. Pelanggan adalah raja.
  6. Setelah disetujui, anda wajib mengirimkan desain akhir (final art work) dalam bentuk hardcopy dan softcopy ke klien dan menerima fee. Pada perusahaan periklanan, penagihan fee biasanya dilakukan oleh bagian marketing. Jadi anda tak perlu repot meminta design fee, kecuali anda seorang freelancer.
Untuk melakukan pemesanan desain logowebsite dan layout di RDPL, Anda dapat menghubungi : 0821 2087 2626 atau melalui email : marketing@roamsystem.com.

Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.




Salam,




RDPL

 

Copyright © 2010 RoamSystem : Jasa Pembuatan Logo & Website | Design by Dzignine