Pak Raden, Meninggal Dunia

| Jumat, 30 Oktober 2015


Berita duka kembali menyerebak di dunia maya. Yaitu tentang meninggalnya Drs. Suyadi, alias Pak Raden. Sosok yang dikenal sebagai pencipta tokoh dan tayangan boneka Si Unyil ini telah meninggal dunia pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) pukul 22.20 WIB. 

Pak Raden adalah sosok yang total dalam berkesenian. Dari tangannya lahir tokoh boneka Si Unyil. Si Unyil adalah bentuk modern dari kesenian wayang yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan gayanya yang khas, Pak Raden telah berhasil menghadirkan seni pertunjukan boneka yang tidak hanya menghibur, tetapi juga dapat menjadi sarana pendidikan bagi anak-anak. 

Pak Raden sendiri adalah bentuk personifikasi dari tokoh boneka Pak Raden yang terdapat dalam cerita boneka Si Unyil dengan gayanya yang menggunakan kumis tebal, blankon, baju jawa dan tertawanya yang khas. Selain tokoh Si Unyil dan Pak Raden, dalam cerita boneka Si Unyil juga ada tokoh Pak Ogah, yang khas dengan kepala plontos dan tagline nya : "Cepek dulu dong". 

Pria yang identik dengan kumis tebal dan blankon nya itu merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963). Dengan menggunakan boneka sebagai objek untuk menyampaikan pesan edukasi, seni pertunjukan boneka Si Unyil dapat dikatakan merupakan bentuk sederhana dari seni animasi (objek bergerak) yang pada saat itu belum tertalu banyak dikenal oleh orang. 

Selamat jalan Pak Raden. Terima kasih atas semua pendidikan yang telah diberikan dan seni yang telah dikembangkan. Salam dari Si Unyil dan Pak Ogah.
 

Copyright © 2010 RoamSystem : Jasa Pembuatan Logo & Website | Design by Dzignine