Jika mata kita bisa berbicara mungkin akan mengeluh
kelelahan karena setiap hari selalu dijejali logo. Pernahkah Anda menghitung
berapa banyak logo yang nyelonong ke mata setiap hari? Atau mungkin Anda tidak
pernah menyadari bahwa puluhan logo berhasil menerobos ke mata kita setiap
hari. Mulai dari bangun pagi, saat pegang handphone atau melihat jam dinding,
mata kita sudah betatapan dengan logo. Menuju ke kamar mandi kita meilihat
kloset, wastafel, kran, shower, sikat gigi, odol, sabun mandi, sampo dan segala
perlengkapan yang semuanya ditandai dengan merek produk. Demikin pula yang
menempel pada tubuh kita, mulai dari celana, baju, dasi, sabuk, sepatu, kaos
kaki, dompet, jam tangan, kaca mata, tas, hingga kunci kendaraan, semua barang
tersebut tidak ada yang tanpa brand. Bagiamana jika dilanjutkan ke sepanjang
jalan yang kita lewati sehari-hari? Berapa banyak logo yang tanpa sengaja kita
lihat di billboard, baliho, poster, spanduk, banner, papan nama, kendaraan,
payung, jaker, helm, stiker dan lain-lainnya? Sesampainya di kantor mata kita
masih dijejali logo, di ruang kerja, di ruang meeting, di kantin, di toilet dan
di manapun. Sampai kembali ke tempat tidur lagi pada malam hari. Benda-benda
yang kita jumpai seperti kasur, bantal, piyama, selimut, sandal dan sembarang
produk di ruang tidur, semuanya berlogo!
Pertanyaannya : seberapa pentingkah makna logo bagi
perusahaan? Apakah konsumen juga memerlukan logo?
Di atas telah disinggung bahwa logo sangat dibutuhkan
perusahaan atau organisasi guna mengenalkan identitas dan menyebarkan citra. Di
lain pihak dengan adanya logo maka konsumen terbantu menegenali produk yang
dicari. Saat ini di pasaran dunia telah beredar ratusan juta perusahaan dari
berbagai produk dan jasa. Tanpa adanya pemberian label pada kemasan misalnya,
orang-orang pasti akan kerepotan meneukan barang yang dicari di supermarket.
Seperti halnya pada kendaraan, bagaimana orang bisa mengenali mobil Honda,
Hyundai, BMW atau VW apabila tidak ada logonya? Ketika Anda masuk ke toko
olahraga untuk mencari sepatu, Anda dapat dengan cepat mengenali logo Nike, Adidas atau Reebok karena
mudah untuk diingat. Mungkin tidak hanya logo yang Anda kenal, tetapi juga
kualitas produk, image, spirit dan estimasi harga. Mungkin pula Anda mengenal
para bintang lapangan yang menggunakan produk-produk tersebut karena perusahaan
berusaha mengibarkan logo dimana-mana, di jaker, t-shirt, topi dan di semua
media.
Di era global market yang sangat kompetitif saat ini, logo bukan
lagi sekedar tanda atau merek dagang, melainkan sudah menjadi senjata bisnis.
Bahkan logo kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap organisasi yang ingin
dikenal publik, termasuk organisasi politik. Nama-nama partai politik di
Indonesia yang begitu banyak tentu akan sulit dikenali masyarakat jika tidak
memakai logo.
Untuk penyebarluasan brandname
logo sering disebarluaskan lewat kartu nama, kop surat, amplop, map, tas,
stiker, jaket, topi, payung, balpoin, website, billboard, umbul-umbul, mobil kantor dan hampir semua permukaan
yang dapat dijadikan media iklan.
Pertanyaannya lagi : sudahkah Anda mempunyai logo?
Untuk melakukan pemesanan desain logo, website dan layout di RDPL, Anda dapat menghubungi : 0821 2087 2626 atau melalui email : marketing@roamsystem.com.
Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.
Salam,
RDPL
Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.
Salam,
RDPL