Paling utama dalam merancang logo adalah konsep desain. Logo yang efektif umumnya memiliki konsep visual yang kuat. Satu pertanyaan yang harus dijawab sebelum mendesain logo adalah, image seperti apa yang hendak disampaikan perusahaan kepada publik? Logo bengkel mobil misalnya, harus mampu merefleksikan image kendaraan bermesin. Pembuatan logo bengkel ini tidak harus dengan gambar mobil atau peralatan bengkel. Anda bisa menggunakan bentuk dan warna abstrak (nonfigurative) untuk merepresentasikan filosofi perusahaan.
Beberapa prinsip desain logo yang dapat dijadikan pedoman adalah, logo harus memiliki kekuatan atau kelebihan sebagai berikut.
- Menarik perhatian dan memberikan kesan yang mendalam, tampak unik, merefleksikan perusahaan/organisasi.
- Ekonomis – biaya reproduksi tidak mahal. Semakin detail dan banyak warna logo akan semakin sulit direproduksi dan biayanya semakin mahal (misal jika logo harus di sablon atau dibordir).
- Scalable – image logo tetap menarik dan efektif, baik dalam ukuran raksasa (billboard) maupun ukuran kecil (misalnya decetak dikartu nama atau bolpoin).
- Tampak beda dengan perusahaan lain yang sejenis. Desainer perlu memperhatikan competitor, logo yang kita rancang harus mampu bersaing.
- Mengikuti anjuran klasik : KISS – Keep it Simple, Stupid.
Untuk melakukan pemesanan desain logo, website dan layout di RDPL, Anda dapat menghubungi : 0821 2087 2626 atau melalui email : marketing@roamsystem.com.
Tim kami akan dengan senang hati membantu menyelesaikan permasalahan desain komunikasi visual Anda.
Salam,
RDPL